Pages

Gotham Font

Jumat, 27 Juli 2012

Gotham, font dari keluarga sans serif geometris. Font ini diciptakan oleh designer Amerika Tobias  Frere-Jones pada tahun 2000 yang terinpirasi dari gaya arsitektur signage--desain visual penunjuk arah, papan nama toko dan jalan di luar bangunan yang sifatnya sign--pada abab pertengahan dan sangat populer di New York. Sejak dibuat, font gotham sudah mulai digunakan pada tempat terkenal, poster kampanye, bahkan kampanye Obama pada 2008 menggunakan letter ini.

Huruf Gotham awalnya dibuat untuk majalah GQ--majalah pria Amerika yang mengupas soal, mode, budaya dan gaya hidup laki-laki--atas permintaan editor, yang ingin menampilkan jenis huruf
sans-serif dengan 'struktur geometris'. Sehingga font ini akan terlihat 'maskulin', baru, dan segar" untuk majalah mereka. 


Font ini lebih bulat (geometris) dibandingkan Helvetica, dengan huruf yang berjarak jauh terpisah. Gotham terkesan hangat dan mudah dibaca sehingga lebih baik untuk korespondensi, namun tetap menyampaikan kehandalan dan keyakinan kepada pembaca.

Penelitian menemukan bahwa font Gotham dikaitkan dengan kepercayaan dan keberhasilan, sehingga sering digunakan dalam poster-poster kampanye politik.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar